Breaking

Thursday, November 9, 2017

Cara Cerdas Menghemat Daya Baterai Android



Smarthone android telah memiliki banyak pengguna di berbagai belahan dunia. Di sisi lain, tak sedikit di antara mereka yang mengeluhkan betapa borosnya konsumsi daya smartphone yang mereka miliki tersebut. Meskipun telah didukung baterai berkapasitas besar, tetap saja baterai mereka terkuras secara cepat. Sejatinya ada banyak faktor yang menyebabkan suatu baterai android boros, yang mana salah satunya banyaknya aplikasi yang dimainkan dan ini akan membuat komponen hardware bekerja ekstra keras guna memenuhi kebutuhan akan daya dalam pemrosesannya. Di samping itu, masih terdapat banyak faktor yang lain misalnya saja resolusi layar dan akses internet yang dapat menyedot daya secara rakus. (Baca juga : Review Smartphone Samsung Grand Prime Terbaik)


Cara Cerdas Menghemat Daya Baterai Android

Membeli smartphone android berkapasitas baterai jumbo bisa menjadi solusi agar daya baterai awet. Yang sangat disayangkan, kebanyakan hp android yang dibekali baterai dengan kapasitas besar berbanderol lumayan mahal. Akan tetapi, anda masih dapat mempertimbangkan solusi lain dalam meningkatkan seberapa lama daya baterai anda akan bertahan daripada menghabiskan rupiah dalam jumlah besar untuk membeli hp android dengan berkapasitas baterai besar. Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa sih caranya, silahkan simak uraian di bawah ini

  1. Hindari Pemakaian Live Wallpaper

Untuk urusan mempercantik tampilan layar android anda, live walpaer memang jagonya. Akan tetapi, wallpaper jenis ini menyedot baterai dengan cepat yang tentunya berakibat pada berkurangnya daya tahan baterai dalam jumlah besar. Supaya baterai smartphone anda awet, sebaiknya anda menggunakan wallpaper statis (tidak bergerak). Di samping itu, pemakaian widget juga perlu dikurangi jika tidak penting agar pemakaian daya baterai menjadi semakin rendah serta bisa dialihkan untuk keperluan multimedia maupun komunikasi.

  1. Nonakitfkan Notifikasi

Cara kedua agar baterai anda tetap awet yaitu dengan menonaktifkan notifikasi. Alasannya, setiap notifikasi yang tidak penting seperti notifikasi game atau aplikasi biasanya terhubung ke internet yang tentunya mengakibatkan baterai tersedot secara signifikan. Supaya notifikasi tidak aktif, caranya tergolong mudah yaitu dengan masuk ke Setting kemudian pilih Apps, lalu pilih game atau aplikasi yang ingin dimatikan notifikasinya dan hilangkan centang pada “Show Notification”. Cukup mudah dan cepat bukan?

  1. Kurangi Kecerahan Layar

Setiap hp android dibekali dengan fitur pengatur kecerahan layar berdasarkan keperluan si pemakai. Saat anda tidak begitu memerlukan kecerahan lebih, sebaiknya kurangi kecerahan layar karena dengan mengurangi kecerahan layar secara otomatis anda menghemat konsumsi daya baterai android anda. Semakin cerah layar, semakin besar pula energi yang dihabiskan. Apalagi jika layar tersebut mempunyai resolusi HD bak Full HD maupun Quad HD. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk mengubah setting kecerahan layar yang semula otomatis ke manual. Tidak hanya itu, anda perlu mengatur waktu tampil (sleep) dalam satuan detik. Adapun caranya cukup mudah yaitu hanya dengan masuk ke dalam menu Setting lalu pilih Display.

Jika Menyukai Postingan Ini Silahkan Di Bagikan ya teman-teman.

No comments:

Post a Comment

Sejarah Komputer Singkat

Pada awalnya komputer bukan digunakan untuk kepentingan hiburan atau mengirim email seperti sekarang, tetapi digunakan untuk menghitung...